Custom Search

"Low Budget High Impact", Solusi Marketing di Tengah Krisis

MYCOPYPASTE

Dunia pemasaran Indonesia masih menjanjikan meski kondisi resesi perkonomian global masih mengancam.

Pakar marketing Hermawan Kertajaya mengatakan, para pemasar dan pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan pendekatan marketing yang disebutnya sebagai New Wave Marketing yang low budget high impact.

"Untuk melakukan hal ini, ada tiga aspek yang harus diperhatikan oleh para marketer yaitu product management, brand management, dan customer management," kata Hermawan dalam Markplus Dinner Semester I Review and Semester II Outlook 2009, di Four Season Hotel, Jakarta, Kamis (27/8).

Dari sisi product management, marketer harus mulai berusaha memberikan nilai lebih produknya kepada pelanggan. Menurut Hermawan, para pelanggan yang sudah kembali kepercayaan dirinya, akan mencari kompensasi atas "stres" selama krisis dengan mencari produk yang inovatif dan memiliki nilai tambah tinggi. "Bukan lagi produk murah meriah yang layaknya dibeli di masa krisis," katanya.

"Dari sisi brand management, marketer harus mampu menciptakan excitement dengan memberikan pengalaman yang menarik lewat karakter dari brand produk mereka," terangnya. Menurut Hermawan, proses penawaran sebuah karakter produk jika dilakukan dengan cerdik, dapat membuat pelanggan tidak hanya terhibur, tetapi juga semakin percaya dan loyal kepada brand produk yang ditawarkan.

Terakhir dari sisi customer management, Hermawan mengatakan, marketer harus mulai menggeser orientasinya dari mempertahankan (keep) dan mengakuisisi (get) pelanggan baru, ke arah mengembangkan (grow) pelanggan yang sudah ada. "Metode yang paling ampuh untuk growing pelanggan adalah dengan terus melakukan konsolidasi ke komunitas-komunitas yang sudah ada," ujarnya.

Menurutnya, jika pelanggan dapat melihat kemungkinan-kemungkinan penggunaan produk tersebut sesuai, mereka akan meningkatkan pemakaian dan merekomendasikan ke orang lain.

"Singkatnya, dengan ketiga aspek tersebut, diharapkan marketer bukan cuma akan melewati krisis yang mengancam tersebut, tetapi juga bisa mencuri kesempatan untuk take-off, jauh meninggalkan kompetitor," pungkasnya.

(sumber Hermawan Kartajaya http://bisniskeuangan.kompas.com/)



  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya


  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut


    http://mycopypast.blogspot.com/


    No comments:

    Post a Comment

    Thank You

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner