Custom Search

Definisi MANAJEMEN OPERASI

RUMAH SI-MANAJEMEN

Kerangka Kerja untuk MOP
Planning : kegiatan yang membangun tindakan dan membimbing membuat keputusan masa depan.
Organizing : kegiatan yang membentuk suatu struktur tugas dan wewenang.
Controlling : kegiatan yang menjamin kinerja aktual sesuai dengan kinerja yang direncanakan.
Behavior : bagaimana perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian mempengaruhi perilaku manusia

  • MO merupakan salah satu fungsi bisnis disamping financial, marketing, maupun personalia.
  • Pada awalnya MO lebih banyak menfokuskan pada opersi perusahaan manufaktur, sehingga dikenal dengan istilah “Manajemen Produksi”.
  • Seiring dengan perkembangan sector jasa yang begitu pesat, maka MO juga menfokuskan pembahasan pada operasi jasa.
  • Dengan demikian lebih tepatlah kiranya kita mempelajari ”Manajemen Operasinal”.
  • Manajemen opersinal merupakan kegiatan untuk mengatur/mengelola secara optimal/manajemen pengolahan sumber daya dalam proses transformasi input menjadi output.

MOP  suatu proses berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk membuat produk (barang & jasa) melalui transformasi/konversi/perubahan berbagai input (sumberdaya) menjadi output (produk) dengan pemberian nilai tambahnya.

Ada Istilah MANAJEMEN PRODUKSI mengarah pada kegiatan fabrikasi/manufacture yg menghasilkan barang yg berwujud seperti mobil, pakaian, televisi, dan sebagainya.

Sedangkan istilah MANAJEMEN OPERASI lebih mengarah kepada kegiatan industri jasa/service seperti jasa dokter, konsultan, transportasi, dan sebagainya.

DLM PERKEMBANGANNYA PENGGUNAAN KEDUA ISTILAH INI SUDAH TDK DAPAT DIBEDAKAN LAGI, SAMA2 DIGUNAKAN DG PENGERTIAN YG SAMA DLM KEGIATAN FABRIKASI ATAU JASA.

Fokus MOP
Design the system of value adding processes (called the value chain) for manufacturing goods and delivering services. Mendesain sistem proses penambahan nilai (disebut rantai nilai) untuk fabrikasi barang dan penyediaan jasa.

Mengapa kita mempelajari MO?
- Satu dari 3 fungsi utama setiap organisasi yg saling terkait (menjual/pasar, produksi, biaya/rugi-laba),
- Bagaimana barang/jasa diproduksi,
- Memahami apa yg dikerjakan manajer operasi,
- Bagian kegiatan yg banyak membutuhkan biaya.

10 Keputusan MOP
  1. Mutu : keputusan tentang harapan mutu pelanggan, kebijakan dan prosedur untuk mencapai mutu
  2. Desain Barang/Jasa : keputusan mutu, biaya dan sumberdaya manusia berinteraksi dengan desain
  3. Desain proses dan kapasitas : keputusan proses terkait dgn teknologi, mutu, pemanfaatan SDM dan pemeliharaan
  4. Seleksi lokasi : keputusan lokasi menentukan keberhasilan organisasi; kesalahan menghambat efisiensi
  5. Desain tata-letak : keputusan tata letak terkait keputusan kapasitas, pembelian dan persediaan, serta proses dan bahan baku
  6. Manusia dan Sistem kerja : keputusan tentang kehidupan mutu kerja, bakat, keahlian dan biaya
  7. Manajemen dan Rantai pasokan: keputusan tentang apa yang akan dibuat dan apa yang akan dibeli, terkait dengan mutu, pengiriman, inovasi dan harga
  8. Persediaan : keputusan ini terkait dgn keputusan pelanggan, pemasok, jadwal dan perencanaan SDM
  9. Penjadwalan : keputusan tentang jadwal terkait dengan permintaan thd SDM dan fasilitas
  10. Pemeliharaan : keputusan ini terkait dgn tingkat pemeliharaan yang diinginkan, rencana implementasi dan sistem pemeliharaan




  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut


    Rusman Efendi Sihombing

    No comments:

    Post a Comment

    Thank You

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner