Custom Search

Ada 200 Merek Indonesia Tembus Pasar Global 2010

MYCOPYPASTE

Ada 200 Merek Indonesia Tembus Pasar Global 2010. DI tengah kekhawatiran akan tergerus-nya industri dalam negeri akibat dibukanya keran perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) Asean-China, Kementerian Perdagangan justru menunjukkan keoptjmistisannva. Mereka optimistis bahwa pada 2010 akan ada 200 merek asli dalam negeri yang mampu menembus pasar internasional.

Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan angka tanur lalu. Sampai dengan 2009, tercatat ada 175 merek asji Indonesia yang telah go international. Merek tersebut umumnya adalah merek-merek yang selama ini sudah ada dan dikenal di dalam negeri.

M"Sampai saat ini sudah ada 175 (merek). Tahun 2010 ini saya yakin bisa 200. Merek baru memang belum banyak. Namun, biasanya merek-merek yang sudah ada, seperti Indofood, atau Maspion," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu, kemarin.

Mari melanjutkan, sejak 2008, Kementerian Perdagangan memang secara intensif terus membina merek-merek lokal. Tujuannya agar mampu menembus pasar internasional.Salah satunya adalah menyoal bagaimana meningkatkan daya saing, agar merek Indonesia mampu berkompetisi dengan produk yang telah mendunia.

Persoalan merek ini memang menjadi salah satu dari fokus kebijakan dalam rangka meningkatkan daya saing. Di samping, mutu dan desain. "Kita akan fokus pada beberapa hal untuk peningkatan daya saing, yaitu mutu, desain, branding, dan pengemasan," ujarnya.

Sementara itu, untuk program makro, dalam rangka meningkatkan daya saing, pemerintah juga telah menetapkan beberapa langkah yang akan diambil. Di antaranya dengan perbaikan infrastruktur, pengurangan ekonomi biaya tinggi serta pengefektifan proses izin usaha dengan cara memperpendek waktu proses perizinan.

Promosi

Selain itu, untuk mendorong produk dalam negeri agar mampu menembus pasar internasional, berbagai upaya promosi dilakukan. Salah satunya yakni dengan ikut serta dalam World Expo Shanghai China (WESC) yang akan berlangsung 31 Mei 2010-1 Oktober 2010.

Dalam event besar yang akan berlangsung sekitar lima bulan tersebut, Indonesia akan menyajikan berbagai pesona Indonesia, termasuk keunikan ragam budaya dan berbagai produk yang dimiliki pada sebuah paviliun etalase tiga lantai.

Tidak hanya memperlihatkan beragam produk dalam rangka peningkatan daya saing. Mari juga optimistis partisipasi dalam ajang ini dapat menarik perhatian dur ia terhadap dunia pariwisa Indonesia dan investasi."Keikutsertaan di World Expo Shanghai China akan mengangkat national branding Indonesia dan menarik potensi pariwisata, perdagangan serta investasi di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu. Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Kementerian Perdagangan Hesti Indah Kresnarini mengatakan pemerintah saat ini sedang mengupayakan agar perwakilan perdagangan di luar negeri menjajaki peraturan pendaftaran merek di luar negeri.

"Agar merek Indonesia bisa masuk di negara lain, kita lakukan berbagai upaya. Kita berkoordinasi dengan perwakilan di luar negeri," ujarnya.

(sumber bataviase)
Share

  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya


  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut


    http://mycopypast.blogspot.com/

    No comments:

    Post a Comment

    Thank You

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner