MYCOPYPASTE
Era New Wave Marketing sangant di pengaruhi oleh perkembangan teknologi. Perkembangan peradaban manusia berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Dalam berbagai literartur seperti dalam The 8th Habit : From Effectiveness to Greatness karya Stephen Covey. A Whole New Mind karya Daniel Pink, dan The Rise of The Creative Class karya Richard Florida, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ada lima tahap perkembangan peradaban manusiaPada tahap pertama, untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, manusia berperan sebagai pemburu binatang atau pengumpul tumbuh-tumbuhan. Karena itu mereka hidup berpindah-pindah alias nomaden, tergantung ada dimana hewan buruannya atau tumbuh-tumbuhan yang bisa dimakan. Pada tahap kedua, manusia mulai menetap dan bercocok tanam, sudah mengenal sistem pengairan dan cara membiakkan hewan ternak. Tahap ini dikenal dengan Era Agrikultural.
Di tahap ketiga, perkembangan peradaban mulai tumbuh dengan diciptakan berbagai mesin mesin untuk industri, misal mesin uap yang diciptakan oleh James Watt yang kemudian menjadi pertanda dimulainya Revolusi Industri. Di era industri ini, manusia mulai bekerja di pabrik-pabrik, dan dengan sangat mudah bepergian dengan menggunakan kendaraan darat, lau dan udara. Setelah itu, pada dasawarsa 1980-an, bidang teknologi Informasi mulai berkembang pesat yang ditandai dengan kehadiran Personal Computer (PC) sebagai awal dari Era Informasi dimana manusia dengan sangat mudah mendapatkan akses informasi.
Dan saat ini, manusia mulai memasuki tahap perkembangan peradaban yang kelima, yaitu sebagai pekerja kreatif (creative worker). Akumulasi pegetahuan (reservoir of knowledge) yang sebelumnya sudah didapat pada era informasi menjadikan orang mampu melahirkan kebijakan (wisdom) untuk menciptakan berbagai hal yang jauh lebih kreatif. Era inilah yang merupakan era New Wave. Jika sebelumnya kehadiran teknologi mendorong produktivitas, maka pada era New Wave, teknologi yang ada mendorong lahirnya kreatifitas.
Seperti yang dikatakan oleh Scott McNealy chairman Sun Microsystem, di Era Informasi alias Era Legacy Marketing, yang akan menguasai pasar adalah mereka yang mampu mengendalikan proses penciptaan dan pendistribusian informasi. Sementara di Era Partisipasi atau Era New Wave Marketing, yang penting adalah akses. akses ini memungkinkan terciptanya value secara bersama melalui jaringan orang yang saling berbagi, berinteraksi, dan menyelesaikan masalah.
Karena itulah elemen-elemen marketing yang selama ini kita kenal dalam Legacy Marketing juga harus mengalami penyesuaian. Sekadar mengingatkan, dalam Legacy Marketing dikenal 9 Elemen Marketing yang terdiri dari Segmentation, Targeting, Positioning, Differentiation, Marketing-Mix (Product, Price, Place, Promotion), Selling, Brand, Service, dan Process.
Dalam New Wave Marketing, elemen-elemen tersebut menjadi “The 12 C of New Wave Marketing”. Ke 12 C ini adalah Communication, Confirming, Clarifying, Coding, Crowd-Combo (Co-Creation, Currency, Communal Activation Conversation), Commercialization, Character, Caring, and Collaboration.
(sumber Hermawan Kartajaya)
Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
STP dan 4P
Positioning Berdasarkan Nilai
Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
Positioning Strategy
Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
Positioning Menurut Manfaat
Positioning Berdasarkan Kategori
Positioning Berdasarkan Atribut
No comments:
Post a Comment
Thank You