RUMAH SI-MANAJEMEN
Transaksi tamu dapat dikategorikan dalam berbagai jenis, antara lain :• Cash Payment (pembayaran tunai)
Pembayaran tunai dimasukkan dalam posting sebagai kredit, sehingga jumlah pembayaran tamu berkurang
• Charge Purchase (pembelanjaan bon)
Pembelanjaan bon menambah beban hutang tamu pada hotel.
• Account Correction (koreksi rekening)
Koreksi ini dilakukan karena kesalahan dalam memasukkan posting
• Account allowance
Account allowance melibatkan dua jenis transaksi. Yang pertama mengurangi folio balance seperti rabat dari kupon diskon. Sedang yang lainnya adalah memperbaiki kesalahan posting yang terdeteksi sesudah tutup bisnis hari itu.
• Account Transfer (pemindahan rekening)
Pemindahan transaksi bisa dilakukan bila pihak lain bersedia dibebani tagihan tersebut. Bisa juga pemindahan ini dilakukan karena keinginan seseorang agar semua bon orang lain dipindahkan ke rekening hotel tersebut. Dengan demikian, beban tagihan tamu yang menginap di kamar lain dapat dimasukkan ke account tamu yang meminta pemindahan rekening itu. Agar lebih jelas diberikan contoh sebagai berikut. Dua orang tamu check-in dengan menggunakan dua kamar. Tamu A menginap di kamar 702, sedangkan tamu B di kamar 703. Kepada receptionist tamu A bilang bahwa semua account tamu B dimasukkan ke dalam account tamu A. Maka tagihan tamu B di kamar 703 akan tetap kosong karena telah ditransfer ke account tamu A di kamar 702.
• Cash advance (uang muka)
Pembayaran uang muka menggambarkan aliran tunai (cash flow) hotel, baik atas nama hotel ataupun atas nama tamu itu sendiri. Inilah yang membedakan dengan bentuk pembayaran lainnya. Pembayaran uang muka ini didukung oleh dokumen yang disebut cash advance voucher/cash receipt (tanda terima uang muka). Hotel membayar tunai/ cash transaksi tamu yang nantinya akan dibayar oleh tamu pada waktu check-out. Cara ini disebut paid out. Contohnya adalah pembayaran taksi waktu datang ke hotel dari bandara.
Sementara itu pengontrolan dalam (Internal Control) di kantor depan hotel meliputi :
• Dokumen transaksi (tracking transaction dokuments)
• Sangat memperhatikan rekening yang masuk dan keseimbangannya (Verifying account entries and balances)
• Mengidentifikasi hal-hal yang cendrung menyimpang dalam sistem akunting (Identifying vulnerabilities in the accounting system).
Untuk pengontrolan ini diperlukan auditing, yaitu proses memeriksa benar tidaknya catatan akunting yang dibuat oleh kantor depan dengan tujuan untuk membuat sistem akuntansi menjadi akurat dan lengkap.
Kantor depan hotel bertanggung jawab terhadap semua variasi transaksi pembayaran cash yang tentunya berpengaruh terhadap account, baik untuk tamu maupun yang bukan tamu.
Contoh Front Office Cash Sheet
Hotel yang belum beroperasi secara full computerized atau yang masih manual atau setengah otomatis akan menggunakan Front Office Cash Sheet (Lembaran tunai kantor depan) yang menunjukkan daftar uang tunai yang diterima dan pihak yang memberi uang muka tunai.
Faktor kedua dari prosedur pengontrolan akunting kantor depan melibatkan penggunaan bank kasir kantor depan. A cash bank (Bank tunai) adalah sejumlah uang di kasir kantor depan, dalam bentuk uang pecahan (10000, 5000, 1000,500, 100), yang dapat digunakan sebagai modal selama bekerja dalam satu shift kerja. Jumlah uang modal dan yang didapat harus balance pada saat akhir shift.
Dalam kaitan ini pula ada perlu menyebut Settlement of Account, yakni transaksi tamu yang dijumlah dan harus dibayarkan pada saat check-out. Dengan begitu, pada saat check-out pembayaran tamu adalah nihil (nol). Sedangkan bill non-guest account baru akan diselesaikan dalam waktu 15 sampai 30 hari setelah trasaksi terakhir.
Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
STP dan 4P
Positioning Berdasarkan Nilai
Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
Positioning Strategy
Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
Positioning Menurut Manfaat
Positioning Berdasarkan Kategori
Positioning Berdasarkan Atribut
No comments:
Post a Comment
Thank You