RUMAH SI-MANAJEMEN
Sistem akunting kantor depan yang efektif mengenai tamu ditentukan oleh baiknya cara membuat urutan pekerjaan berdasarkan alur tamu yang menginap di hotel. Sebelum tamu datang, bagian akunting sudah melakukan pekerjaannya, antara lain menyangkut pemesanan kamar yang digaransi atau menggunakan uang muka. Ketika tamu tiba di hotel, dibukalah dokumen pemesanan kamar dari komputer.Dari situ terlihat apakah pada saat membuat reservasi tamu telah membayar uang muka atau belum. Bila belum, saat check- in tersebut merupakan saat pertama tamu mengadakan transaksi dengan hotel.
Secara garis besar Akunting Kantor Depan, adalah sistem yang:
• Menciptakan dan menyimpan semua transaksi tamu yang akurat, baik yang tinggal di hotel ataupun tidak
• Mencatat transaksi pembayaran tamu melalui siklus kegiatan tamu di hotel.
• Melakukan kontrol secara internal terhadap kelebihan uang tunai maupun transaksi yang tunai
• Mencatat segala hal yang terpakai oleh tamu selama menginap dalam bentuk pembelian barang atau layanan
Sistem account yang populer pada operasional hotel adalah sistem T-Account. Di sini ada pemisahan account tamu. Account yang charges (dibayar waktu check-out) terletak di sebelah kiri sedangkan di sebelah kanan Payment (langsung dibayar). Charges meningkatkan account balance, sedangkan payment mengurangi account balance.
Dokumen Kantor Depan biasanya berbentuk Format Jurnal. Di hotel yang masih beroperasi secara manual atau setengah otomatis, sistem jurnalnya tampak seperti di bawah ini.
BACA JUGA "MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN (2) "
RUMAH SI-MANAJEMEN
Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
STP dan 4P
Positioning Berdasarkan Nilai
Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
Positioning Strategy
Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
Positioning Menurut Manfaat
Positioning Berdasarkan Kategori
Positioning Berdasarkan Atribut
No comments:
Post a Comment
Thank You