Custom Search

MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN (2)

RUMAH SI-MANAJEMEN

Di dalam terminologi akunting, kolom sebelah kiri disebut deber (singkatan dr), sedangkan sebelah kanan adalah kredit (disingkat cr). Dilihat dari jenisnya, ada dua macam account dalam akunting kantor depan, yaitu guest account dan non-guest account.

Yang dimaksud dengan guest account (account tamu) adalah catatan mengenai transaksi keuangan tamu yang terjadi antara seorang tamu dengan pihak hotel. Account ini dibuat bila pemesanan kamar tamu itu dijamin (guarantee reservation) atau mereka mendaftar di front desk. Keuangan tamu ini selama menginap akan selalu dicatat oleh kasir. Bila pemakaian sudah melebihi batas maksimal, transaksi tamu harus diselesaikan atau dikurangi sehingga tidak terjadi over limit. Bila transaksi tamu sudah terlanjur melebihi batas maksimal, peristiwa ini disebut outstanding balance.
Transaksi dengan orang yang bukan tamu (Non-Guest Account) adalah transaksi yang diperkenankan di hotel dengan pihak yang tidak tinggal di hotel. Biasanya mereka adalah para agen, pengusaha atau grup bisnis. Account ini disebut house account atau city account. Sistem penagihan untuk transaksi jenis ini biasanya bulanan.
Dalam transaksi di Kantor Depan, ada 4 (empat) macam folio yang digunakan :
• Guest Folios (Folio Tamu) adalah folio yang diperuntukkan bagi tamu yang menginap secara perseorangan.
• Master Folios (Folio Master) adalah folio yang digunakan untuk lebih dari satu orang. Biasanya master folio digunakan untuk tamu rombongan
• Non-Guest atau semi-permanent folios adalah folio yang digunakan oleh para pengusaha atau agen bila yang bersangkutan melakukan transaksi di hotel.
• Employee Folios (Folio karyawan) adalah folio yang digunakan untuk para karyawan yang melakukan pembelian di hotel tempatnya bekerja.
Folio dipergunakan untuk mencatat transaksi tamu yang akan menghasilkan keseimbangan akunting (account balance). Folio tamu harus akurat, data terakhir dan sudah diisi begitu tamu melakukan transaksi. Dengan demikian, begitu tamu meminta tagihannya dicetak, saat itu pula tersedia .
Selain itu, dalam dunia akunting kantor depan ada sejumlah istilah yang harus diketahui seperti berikut.
Contoh folio tamu (Guest Folio)
Vaucher adalah detil transaksi yang dibuat oleh Kasir Kantor Depan untuk memposting pemakaian sesuatu yang dibebankan pada voucher tersebut sesuai dengan berita pemakaian yang terdapat di voucher itu. Macam-macam jenis voucher yang dapat digunakan antara lain: Voucer tunai (cash voucher), Charge voucher, Transfer voucer, Allowance voucher, dan paid-out voucher.
Point of Sale adalah penjelasan mengenai waktu dan tempat pembelian barang atau jasa. Point of Sale merupakan pusat pembelian barang atau jasa. Point of Sale merupakan pusat keuntungan bagi hotel. Yang termasuk point of sale di hotel besar adalah restoran, lounge, room service, binatu, perparkiran, bussiness center, florist, drugstore, pastry shop, diskotik/music room dan bagian telepon.
Ledgers adalah pengelompokkan berbagai account. Ledger kantor depan adalah kumpulan folio di kantor depan. Folio ini digunakan oleh bagian kantor depan sebagai bagian dari account receivable ledger. Suatu account receivable menyatakan berapa jumlah uang yang dimiliki oleh hotel . Ada dua macam ledger di dalam hotel yaitu Guest Ledger dan City Ledger. Ledger Tamu adalah kumpulan account tamu yang terdaftar dan menginap di hotel, sedangkan City Ledger merupakan kebalikannya.
Hotel memiliki cara tersendiri dalam memonitor kredit tamu. Bila jumlah kredit sudah terlalu besar dan melampaui batas yang ditetapkan, tamu akan diberi tahu untuk mengurus transaksinya yang over limit (melebihi batas) tersebut.

BACA JUGA "MEMPROSES TRANSAKSI KEUANGAN"





RUMAH SI-MANAJEMEN


  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk
  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...
  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga
  • PENETAPAN HARGA JUAL
  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...
  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar
  • POWER PRICING
  • Kebijakan Penetapan Harga Produk
  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...
  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya
  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya
  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut

    rusmanefendisihombing

    No comments:

    Post a Comment

    Thank You

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner