Custom Search

Tisu Tessa dan Gramedia Raih Top Brand 2010

MYCOPYPASTE

Produk kertas tisu Tessa dan toko buku Gramedia meraih penghargaan Top Brand 2010. Tessa untuk kategori produk rumah tangga jenis tisu dan Gramedia untuk kategori ritel jenis toko buku.

Menurut Pemimpin Frontier Consulting Group Handi Irawan, penggagas penghargaan top brand, dalam penyerahan Top Brand Award di Jakarta, Rabu (18/8) malam, dengan fasilitas pemasaran yang semakin bervariasi, merek bisa dibangun hanya dalam 1-2 tahun.

Namun, agar dapat menjadi pemimpin pasar, dibutuhkan inovasi yang terus-menerus, selain keberanian bersaing di pasaran, memperkuat citra merek, dan memperkuat layanan dari hulu hingga hilir.

Penghargaan top brand diselenggarakan atas kerja sama Frontier Consulting Group dan majalah Marketing. Survei Top Brand 2010 dilakukan di Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang, dan Surabaya. Survei dilakukan atas 2.400 responden secara acak, ditambah 1.200 responden untuk meningkatkan jumlah incident rate produk premium. Penghargaan Top Brand 2010 diberikan terhadap lebih dari 100 kategori produk.

Kriteria penilaian adalah menggunakan parameter top of mind awareness atau merek yang pertama kali disebut responden ketika kategorinya disebutkan tim survei, last used (merek yang terakhir kali digunakan responden), dan parameter future intention (merek yang ingin dikonsumsi pada masa datang).

Handi berpendapat, salah satu kunci keberhasilan pengelolaan merek adalah mengukur kekuatan merek itu sendiri. Hal itu dilakukan dengan survei kekuatan merek selama delapan tahun berturut-turut.

Untuk mendapat predikat top brand harus dipenuhi dua kategori, yaitu merek yang memperoleh Top Brand Index (TBI) minimum 10 persen dan merek tersebut di posisi tiga teratas dalam kategori produknya.

Tessa meraih penghargaan untuk produk rumah tangga jenis kertas tisu dengan TBI 55,4 persen dan Paseo 26,5 persen.

Pada kategori ritel, untuk jenis toko buku diraih Gramedia dengan TBI 78,1 persen dan disusul Gunung Agung 12,4 persen.

Untuk kategori ritel hipermarket diraih Carrefour dengan TBI 61,7 persen, disusul Giant 16,2 persen, dan Hypermart 10 persen. Kategori ritel department store diraih oleh Matahari 44,9 persen dan Ramayana 20,9 persen.

Kategori perlengkapan rumah jenis DVD player diraih Polytron 12 persen, Vitron 10,6 persen, dan Samsung 10,5 persen. Untuk jenis microwave, diraih Electrolux 16,7 persen, Panasonic 14,4 persen, dan LG 13,4 persen.

Untuk jenis kamera digital, diraih Sony 29,9 persen dan Canon 28,8 persen.

Kategori makanan dan minuman, antara lain, jenis nugget diraih So Good 47,7 persen, Fiesta 21,3 persen, dan Champ 20,8 persen. Jenis sosis diraih So Nice 33,9 persen, Sozzis, dan Champ. Jenis es krim diraih Walls 72,1 dan disusul Campina.

(sumber KOMPAS)



RUMAH SI-MANAJEMEN


  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk
  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...
  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga
  • PENETAPAN HARGA JUAL
  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...
  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar
  • POWER PRICING
  • Kebijakan Penetapan Harga Produk
  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...
  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya
  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya
  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut

    rusmanefendisihombing

    No comments:

    Post a Comment

    Thank You

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner