Custom Search

Affiliate Program : PPS, PPA, PPC dan PPL

MYCOPYPASTE

Apa sih Affiliate? Affiliate merupakan suatu bentuk kerjasama dimana ada pihak yang bertindak sebagai "penghubung" ataupun reseller antara produk/jasa seorang merchant atau Affiliate Merchant tertentu dengan customer/klien mereka. Sebagai penghubung biasanya disebut sebagai Affiliate Marketers atau Affiliate.

Keuntungan dari Program Affiliate?
  • Tidak ada biaya produksi, karena yang dijual adalah produk orang/merchant lain. Anda hanya sebagai penghubung atau reseller (mau dibilang broker atau makelar juga bisa..)
  • Dapat dikerjakan kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat asalkan ada akses internet.
  • Potensi penghasilan cukup besar dan tidak terbatas. Jika anda melakukannya dengan konsisten, dan pantang menyerah.
  • Anda dapat belajar banyak dari Program Affiliate apa saja produk yang dapat dijual dan bagaimana cara menjual yang efektif.

Lalu darimana Affiliate mendapatkan penghasilannya? Affiliate akan mendapatkan komisi jika ada customer yang melakukan transaksi melalui affiliate kita.

Secara umum, ada empat macam affiliate program di Bisnis Online yang diterapkan merchant (pemilik produk/jasa) agar para affiliate bisa mendapat uang dari affiliate program yang diikutinya.

1. Pay Per Sale (PPS) :
pengunjung membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh affiliate. Sesuai dengan namanya Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil Anda jual melalui "link khusus" atau "affliate link" Anda.

PPS ini yang paling banyak dipakai oleh affiliate program di Bisnis Online. Begitu ada pengunjung yang datang ke situs web merchant lewat link anda dan melakukan pembelian, maka Anda mendapat komisi.

Pemberian komisinya ada yang menggunakan persentase biasanya dipakai oleh para merchant yang berbisnis retail (eceran), tapi ada juga yang menetapkan komisi dengan jumlah nominal tertentu biasanya dipakai merchant yang menjual web hosting, online dating, dan lainnya.

Pemberian komisi berdasarkan prosentase biasanya lebih menyenangkan, karena rata-rata komisi yang diberikan sebesar 50-75% per penjualan

2. Pay Per Lead (PPL) :
Pengunjung mengisi formulir online. Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap orang (lead)yang mengisi form (isian), survey, atau sign-up terhadap layanan yang diberikan oleh merchant.

PPL terutama banyak dipakai merchant yang berniat menggencarkan promosi, biasanya lazim dipakai oleh para merchant di bidang asuransi/banking/finance. Pada pola ini, affiliate mendapat komisi setiap pengunjung mengisi formulir online di situs Anda yang relevan dengan merchant affiliate.

Tapi yang perlu diketahui, merchant hanya akan membayar affiliate untuk data-data valid yang ditulis pengunjung dan hanya dari traffic negara tertentu saja. Jadi kalau misalkan datanya kurang valid atau bahkan tidak lengkap seperti tak ada nomor telepon dan alamat email, maka merchant tak akan membayar affiliate.

Namun secara umum, pola ini dilihat dari conversion rate-nya, jelas lebih bagus dibandingkan pola PPS tadi. Sebab pengunjung tak perlu membeli apapun. Mereka hanya mengisi formulir saja. Tentu bagi para affiliate lebih mudah untuk mencari pengunjung yang mau mengisi formulir daripada membeli produk.

3. Pay Per Action (PPA) :
Pengunjung mendownload, menginstal, atau menggunakan suatu produk/jasa. Pada PPA, merchant memberi komisi kepada affiliate setiap ada pengunjung yang mendownload, menginstal, atau menggunakan produk/layanan merchant. Biasanya pola ini dipakai oleh merchant dari perusahaan software atau perusahan web service.

Harapan merchant, dengan produknya dipakai banyak orang akan membuat perusahaannya menjadi pemimpin pasar.

4. Pay Per Click (PPC) :
Pengunjung hanya mengklik link dan mengunjungi situs web merchant. Pada PPC, affiliate diberi komisi setiap ada yang mengklik link-nya. Sebagai contoh seperti Google Adsense.

Selain diatas itu anda akan tertarik dengan apa itu Lifetime Commission Affiliate Program dan Recurring Commission Affiliate Program. Sebenarnya ini bagian dari PPS Affiliate Program, hanya ada perbedaan dalam metode dan pembayaran komisinya.

Lifetime commission affiliate program, adalah penghasilan affiliate program anda untuk seumur hidup. Artinya Affiliate Merchant mempunyai suatu "sistem yang sangat pintar" untuk melacak setiap pelanggan atau prospek yang kembali membeli produk/jasa melalui affiliate link yang pertama kali mengenalkan si pelanggan tadi ke Affiliate Merchant.

Recurring Affiliate Program, biasanya ini dari merchant produk/jasa yang sifatnya langganan bulanan. Seperti keanggotaan suatu situs, web hosting. Persentase komisi yang didapat memang tidak terlalu besar, tapi continue setiap bulannya selama pelanggan masih berlangganan.

Domain Parking, sebenarnya ini tipe dari PPC (Pay Per Click) program, bedanya Anda sebagai pemilik domain tidak perlu membuat isi situs Anda. Anda hanya perlu mempunyai domain nganggur yang katakanlah belum sempat Anda garap. Share

Affiliate Program : PPS, PPA, PPC dan PPL
Cara Memulai Bisnis Online
Pengertian dan Definisi Internet Marketing
SEO : Search Engine Optimization
Promosi Website Untuk Perusahaan
Pengertian dan Definisi e-Commerce
Apakah keuntungan memiliki website
Keuntungan yang diperoleh dari memiliki website
Pelajaran marketing yang bisa dipetik dari Obama
Memiliki Domain atas Nama Bisnis Anda Sendiri
Mobile Internet Bagi Marketer
Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
STP dan 4P
Positioning Berdasarkan Nilai
Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
Positioning Strategy
Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
Positioning Menurut Manfaat
Positioning Berdasarkan Kategori
Positioning Berdasarkan Atribut



http://mycopypast.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Thank You

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner